Social Icons

Pages


Jumat, 31 Januari 2014

Indahnya Perpaduan Seni Visual dan Tari Karya Heather Hansen

Heather Hansen adalah seorang seniman kontemporer dan penari di New Orleans. Karya terbarunya hadir dengan cara yang elegan dan kreatif untuk menggabungkan gerakan menari di atas sepotong kertas besar dan beberapa arang di bagian tubuhnya.


Dalam mempertunjukkan karyanya, Hansen mengundang para pecinta seni untuk menontonnya menari pada selembar kertas besar. Saat menari, dia menggoreskan arang ke kertas sesuai dengan gerakan tarinya yang jika dilihat seperti sebuah tarian ritual.

Dirinya juga telah menciptakan sebuah video yang diberi judul "Gestures Panorama" yang menampilkan rekaman dari hasil karyanya yang anggun dan dramatis. Berikut ini proses dari hasil karyanya yang anggun:









































Sumber :
boredpanda

Kisah 5 Makanan Sederhana Favorit Soeharto

Masa kecil dan remaja dihabiskan Soeharto dalam kemiskinan. Dia dibesarkan di Yogyakarta di tengah-tengah keluarga petani. Hal ini banyak mempengaruhi kehidupannya. Bahkan hingga dia menjadi Jenderal dan akhirnya menjadi Presiden.

Soal urusan makan, Soeharto tak berselera makan makanan mewah. Dia terbiasa makan makanan ndeso. Sederhana namun nikmat.

"Hidangan yang paling saya sukai adalah tetap lodeh buatan istri saya sendiri, atau ikan bakar atau goreng belut yang membawa kenangan di masa kanak-kanak," kata Soeharto Seperti ditulis dalam autobiografi Soeharto: "Pikiran Ucapan dan Tindakan Saya" yang diterbitkan Cipta Lamtoro Gung Persada.


Kebiasaan makan Pak Harto ini mengejutkan sebagian besar menteri atau pejabat negara. Mereka tak mengira makanan seorang Presiden begitu sederhana. Saat makan, Soeharto sering mengajak para pengawal dan ajudannya untuk bergabung.

Seperti apa cerita Soeharto dan makanan sederhana favoritnya?


1. Tempe Bacem Bikin Kaget Perwira TNI AU


Sardjono adalah perwira TNI AU yang ditugaskan di Bina Graha yang menjadi kantor Presiden Soeharto. Sardjono terkejut dengan kehidupan Soeharto yang sederhana.

"Makanan orang nomor satu di Indonesia itu juga tidak mewah, biasanya hanya tempe bacem, sayur lodeh atau makanan lain yang murah," tulis Sardjono dalam "Pak Harto The Untold Stories" terbitan Gramedia Pustaka Utama halaman 80.

Sardjono mendampingi Soeharto selama sembilan tahun. Dia sangat terkesan melihat sikap Pak Harto yang sederhana dan bersahaja.



2. Lahap Makan Ikan Bilih


Soeharto gemar melahap ikan bilih, sejenis ikan berukuran kecil-kecil yang hidup di air tawar. Apalagi jika disuguhkan bersama sayur lodeh dan nasi hangat.

Ceritanya Soeharto mengundang Gubernur Sumatera Barat, Azwar Anas, untuk sarapan pagi. Azwar datang telat. Dia lega Soeharto tidak marah.

Ketika itu Azwar melihat Soeharto sarapan dengan sayur lodeh dan ikan bilih. Sementara untuk tamunya, makanan yang dihidangkan lebih mewah.

"Dari beberapa kali kunjungan, saya jadi tahu bahwa Pak Harto menyukai ikan bilih dari Danau Singkarak. Pak Harto sangat menikmatinya. Oleh karena itulah istri saya selalu memasakkan ikan bilih jika Pak Harto sedang berdinas ke Sumatera Barat dan sesekali mengirim ikan bilih ke kediaman Pak Harto," kata Azwar Anas dalam "Pak Harto The Untold Stories" terbitan Gramedia Pustaka Utama halaman 152.



3. Makan Tiwul Untuk Cegah Kolesterol


Salah satu makanan rakyat yang disukai Soeharto adalah tiwul. Makanan itu terbuat dari singkong yang diparut, lalu direbus bersama gula aren. Tiwul biasa dimakan rakyat Yogyakarta jika kesulitan beras.

Menurut Soeharto, Tiwul rendah kolesterol. Soeharto pun pernah menasihati ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Harmoko (kelak menjadi menteri penerangan dan ketua DPR/MPR).

"Jangan terlalu banyak makan daging. Kalau mau rendah kolesterol, makan tiwul, dan jangan sayur tempe," kata Pak Harto dalam "Pak Harto The Untold Stories" terbitan Gramedia Pustaka Utama halaman 168.

Harmoko malah menyahut. "Tapi di Jakarta susah mendapatkan tiwul, Pak." Soeharto tersenyum saja.



4. Suguhi Pop Mie Untuk Menteri Keuangan


Walau seorang presiden, Soeharto ternyata doyan juga makan pop mie. Dia menikmati mie instan itu sebagai makanan selingan atau cemilan. Soeharto pun menyuguhkan Pop Mie untuk tamunya. Termasuk JB Sumarlin yang pernah menjabat sebagai Menkeu.

JB Sumarlin menceritakan suatu sore tahun 1984, dia menghadap Soeharto di Jl Cendana. Saat itu Pak Harto meminta disiapkan makanan ringan. Ketika datang ternyata dua gelas Pop Mie. Sumarlin terkejut. Sebelumnya dia belum pernah makan Pop Mie.

"Setelah menunggu sekitar tiga menit, baru mie instan itu diaduk. Kami pun menyeruput kuahnya dan makan bersama. Itulah pertama kali saya makan Pop Mie," kenang Sumarlin dalam "Pak Harto The Untold Stories" terbitan Gramedia Pustaka Utama halaman 160.

"Orang mengira makanan yang disuguhkan Pak Harto itu mewah dan mahal. Meskipun beliau itu presiden, Pak Harto tidak canggung menyantap mie instan seperti rakyat kebanyakan di luar."



5. Bagikan Arem-arem Sebagai Bekal Memancing


Di kalangan pengawal dan orang-orang dekat, Soeharto dikenal egaliter. Dia makan apa yang dimakan anak buahnya.

Soeharto pernah mengajak Ibu Tien memancing. Sebagai bekal, Ibu Tien membuat arem-arem. Arem-arem adalah penganan ringan seperti lontong yang di dalamnya diisi sayuran atau daging. Biasanya sering dimakan untuk sarapan atau mengganjal perut sebelum waktu makan tiba.

"Ibu Tien menyuruh saya langsung membagikan kepada seluruh kru kapal. Setelah semuanya kebagian, saya membawa arem-arem yang tersisa kepada Ibu Tien. Beliau mengambil dua dari arem-arem itu dan membuka daun pisang yang membungkusnya untuk dinikmati berdua Pak Harto," ujar sobat memancing Pak Harto Hioe Husni Wirajaya.


Sumber :
merdeka

Kamis, 30 Januari 2014

Ini Dia Hobi Aneh dan Unik Para CEO Kelas Dunia

Mempunyai pekerjaan dengan tingkat stress tinggi bisa sangat menguras tenaga dan pikiran. Apalagi jika Anda memimpin sebuah perusahaan.

Kebanyakan Chief Executive Officer (CEO) sudah mulai bekerja sejak pagi buta dan selesai hampir mendekati tengah malam. Apalagi mereka biasanya bekerja sepenuh hati tanpa mengindahkan rasa lelah.

Kondisi seperti inilah yang membuat mereka butuh waktu luang untuk menyalurkan kegiatan yang mereka sukai. Hobi para CEO kelas dunia ini bermacam-macam, mulai dari berburu sampai tamasya ke ruang angkasa.

Seperti dikutip dari Sidney Morning Herald, berikut adalah bos-bos perusahaan top di dunia beserta hobi uniknya.

1. CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett


Anda semua pasti mengenal Buffett sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Tapi Anda pasti belum tahu kalau Buffet yang segera lengser dari jabatannya di Berkshire sangat terobsesi dengan Ukulele.

Buffett sudah sering memberikan pelajaran bermain ukulele gratis kepada anak-anak kecil di sebuah klub di Omaha. Bahkan, sebuah ukulele yang pernah dimainkan Buffet pun jadi terkenal.

Satu buah ukulele putih yang bertandatangan Buffet laku dilelang US$ 11.211,11 atau Rp 100,89 juta lewat eBay. Dan seluruh hasilnya disumbangkan.



2. CEO Go Daddy, Bob Parsons


Foto dirinya yang sedang berpose di atas mayat gajah di sekitaran Zimbabe sempat menggegerkan publik. Pria yang gemar berburu ini sebenarnya membantu warga setempat membunuh tiga gajah yang sudah merusak lahan petani setempat.

Daging gajah tersebut pun akhirnya dibagikan kepada seluruh warga setempat untuk dijadikan bahan makanan selama beberapa pekan ke depan. Sayangnya, foto tersebut keburu beredar di internet tanpa ada penjelasan sama sekali.

Maka dari itu, Parsons sempat dijuluki 'CEO paling brengsek tahun ini' oleh organisasi penyayang binatang PETA.



3. CEO Facebook, Mark Zuckerberg


Zuckerberg hanya memakan daging yang ia sembelih sendiri. Pada Mei 2011 lalu, status Facebook Zuckerberg sempat membuat geger dunia maya, "Saya baru saja menyembelih babi dan kambing."

Penyembelihan itu merupakan salah satu hal terkait janjinya untuk hanya memakan daging yang ia potong sendiri, kata Zuckerberg kepada majalah Fortune. Binatang yang pertama kali menjadi 'korbannya' adalah seekor lobster, yang menurutnya merupakan pemotongan penuh emosi kala itu.

Untuk meneruskan gaya hidupnya itu, Zuckerberg sudah meminta nasihat dari koki terkenal di Silicon Valley yaitu Jesse Cool. Orang yang sama menyaksikan Zuckerberg pertama kali menyembelih ayam, babi, dan kambing.

"Ia memotong leher kambing itu dengan pisau yang tajam, itu merupakan cara yang sudah benar," kata Cool.



4. CEO Oracle Corporation, Larry Ellison


Lawrence 'Larry' Ellison, sudah pernah nikah-cerai empat kali dalam hidupnya, tapi ternyata menikah bukan termasuk dalam hobinya. Ia menemukan kesenangan tersendiri dengan berlayar, tapi bukan dengan sembarang kapal, yaitu yacht yang digunakan untuk balapan.

Ellison pertama klai belajar soal pelayaran pada tahun 60-an di Univeesitas California. Sejak saat itu, ia punya salah satu yacht terbesar di dunia dan pernah mengikuti berbagai balapan yacht kelas dunia, termasuk Maxi World Championships (yang pernah ia menangkan sebanyak 5 kali) juga Kejuaraan Amerika yang diikutinya sampai saat ini.



5. CEO Virgin Group, Richard Branson


Sir Richard Branson senang bepergian dengan cara yang ekstrem, terutama yang bisa dipakai untuk memecahkan rekor dunia. Sudah banyak cara ia tempuh untuk memecahkan rekor ini, termasuk mengelilingi dunia memakai balon udara (walau akhirnya gagal).

Salah satu usahanya yang berhasil adalah menyebrangi selat Inggris memakai kendaraan amfibi (1 jam 40 menit), dan menjadi orang pertama yang menyeberangi selat tersebut memakai blon udara setahun sebelumnya.



6. CEO Monster.com, Jeff Taylor


Jeff Taylor, punya julukan yang tepat dengan disebut CEO paling eksentrik di dunia. Pasalnya ia tidak berbeda jauh dengan teman dekatnya yang baru saja dibahas tadi, Richard Branson.

Taylor merupakan pemegang rekor bermain ski air yang ditarik oleh balon zeppelin terjauh di dunia lima kali berturut-turut. Rekor terakhir direbut Taylor dari temannya tersebut setelah ia berhasil bertahan ditarik balon raksasa itu sepanjang 3,3 mil atau 4,8 km.



7. Wakil Presdir Hilton Hotels, William Barron Hilton


William, yang lebih dikenal sebagai ayah kandung dari sosialita Paris Hilton, sangat tergila-gila dengan terbang. Ia punya 750.000 hektar tanah perkebunan di Nevada yang digunakan untuk berbagai kegiatan penerbangan.

Ia sering terbang dengan menggunakan berbagai alat dan kendaraan, mulai dari paralayang, helikopter, pesawat bermesin baling-baling dan bahkan balon udara. William mengatakan kepada Forbes kecintaannya akan terbang didapat waktu tergabung dengan angkatan udara, ia pun mendapatkan izin terbangnya di Oahu.

Ia juga rutin menyelenggarakan perlombaan terbang tahunan di mana pemenangnya boleh mencoba seluruh fasilitas penerbangan miliknya di perkebunan yang bernama Flying-M itu.



8. CEO Cisco Systems, Sandy Lerner


Lerner tahu banyak soal Jousting, permainan dua orang di atas kuda membawa tombak yang saling menyerang di satu arena lurus. Permainan ini terkenal di Eropa sekitar abad pertengahan.

Itu merupakan salah satu hobinya yang paling favoritnya. Bahkan ia punya banyak koleksi, mulai dari tombak hingga kostum tiap periodenya. Ia sudah membeli 800 hektar tanah di pedesaan Upperville, Virginia, untuk mengembangbiakkan banyak kuda demi permainan kesukaannya tersebut.



9. Komisaris Reliance ADA Group Anil Ambani


Orang terkaya nomor empat di India itu hampir setiap sore berlari di jalanan Mumbai ditemani beberapa pengawalnya. Awalnya, ia berlatih maraton secara serius untuk kompetisi Boston Marathon pada 2003 lalu setelah seseorang mmepertanyakan berat badannya saat konferensi pers di New York. Sekarang, ia pengikut setia kompetisi maratahon dunia.



10. Komisaris Utama Ford Motor, William Clay Ford Jr.


William merupakan keturunan ketiga alias cicit dari Henry Ford si penemu perusahan mobil terkemuka asal Amerika Serikat (AS) tersebut. Ia sering muncul di iklan televisi perusahaannya lengkap dengan penampilan rapi dan senyumnya yang menawan.

Jangan cuma lihat di satu sisi saja, di balik semua itu ia adalah pemegang sabuk hitam di ilmu bela diri Tae Kwon Do. Ia juga bisa dengan mudah memotong papan kayu hanya dengan tangan kosong.



11. CEO Cirque du Soleil, Guy Laliberté


Laliberté yang merupakan warga negara Kanada ini sudah dikenal dunia lewat sirkus dan permainan pokernya. Tapi ketika sudah berbicara impiannya, ia menunjuk luar angkasalah tempatnya.

Ia merupakan turis luar angkasa pertama asal Kanada yang pernah ikut ambil bagian dalam program kesadaran akan air bersih di planet bumi. Ia terbang ke luar angkasa pada September 2009, menyiarkan program lingkungan secara langsung beribu-ribu mil dari bumi disiarkan ke seluruh dunia.



12. Mantan CEO Motorola, Mike Zafirovski


Zafirovski hidup untuk tantangan dan selalu mencari tantangan baru setiap harinya. Ia pernah ditantang sebelum menjadi CEO Motorola, yaitu harus menyelesaikan Ironman triathlon.

Kompetisi triathlon adalah tantangan yang melibatkan tiga macam lomba menjadi satu, yaitu berenang 2,4, bersepeda dan maraton 112 mil. Ia berhasil menyelesaikan tantangan tersebut dengan catatan waktu 13 jam dan 37 menit.


Sumber :
detik

Ini Jawaban Lalat Buah Pintar Membedakan Rasa

Bila kamu melihat lalat buah, mereka bisa membedakan buah yang manis dan tidak. Walau dalam satu pohon sekelompok buah matang bersamaan, ada yang lebih digemari dan tidak. Karenanya, petani sering membungkus buah agar tak diganggu hama.

Kehebatan serangga menentukan sumber makanan terbaik menjadi pertanyaan sejak lama. Kuncinya ada pada reseptor. Setiap jenis serangga memiliki reseptor perasa - protein baru - yang bisa merasakan adanya bahan kimia pada sumber makanan. Tak hanya membuat pilihan penting terkait makanan, tetapi juga pasangan, atau lokasi menempatkan telur-telur mereka.

 


Meskipun reseptor serangga sudah ditemukan lebih dari satu dekade lalu, bagaimana mereka mengenali bahan kimia yang beragam tetap menjadi teka-teki dan tantangan yang belum terjawab - sampai sekarang. Karena itulah, para peneliti di University of California mencari tahu lebih jauh fungsi reseptor tersebut. Lalat buah dipilih karena "Rasa manis berfungsi sebagai indikator dari nilai gizi, dan lalat, seperti banyak hewan lain, suka dengan yang manis-manis," ujar Anupama Dahanukar, asisten profesor entomologi yang memimpin proyek penelitian.

Lalat buah memiliki delapan reseptor perasa manis, dan apa yang dilakukan masing-masingnya secara khusus belumlah jelas. Hal yang mengejutkan disini, para peneliti menemukan bahwa masing-masing dari delapan reseptor itu dianugerahi kepekaan terhadap satu atau lebih substansi manis.

Analisis sistematis mereka menunjukkan bahwa reseptor dapat dipisahkan menjadi dua kelompok yang didasarkan pada senyawa mana yang mereka deteksi dan seberapa erat kaitannya mereka secara berurutan.
 

"Setiap reseptor berkemungkinan memberikan kontribusi langsung dan independen bagi spektrum respons keseluruhan pada neuron-neuron rasa manis, yang bisa memiliki beberapa implikasi penting dalam mengembangkan strategi untuk memblokir reseptor ini," kata Dahanukar.

Tim risetnya menggunakan penciuman neuron Drosophila sebagai inang untuk memperlihatkan reseptor perasa. Neuron ini unik karena, meskipun hal ini terkait dengan bau, itu memperlihatkan anggota dari famli reseptor perasa.

"Kami mengungkap reseptor perasa manis, satu demi satu, dalam neuron ini, dan kami menemukan bahwa neuron inang, yang biasanya tidak merespon gula, sekarang mampu diaktifkan oleh substansi manis," kata Dahanukar.

"Orang akan berharap bahwa pertukaran reseptor perasa antara neuron-neuron perasa yang berbeda akan terdengar strategis, tetapi mereka telah mencobanya dan gagal," kata Erica Gene Freeman, seorang mahasiswa pascasarjana bioteknologi yang bekerja di lab Dahanukar dan penulis pertama dari makalah penelitian ini.

 
Anupama Dahanukar, asisten profesor entomologi / escience.com


Next target: nyamuk
Keberhasilan Dahanukar dan tim mempelajari reseptor pada lalat buah, membawa kemajuan utntuk mengetahui bagaimana hal ini juga berlaku pada nyamuk. Seperti ditulis dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, yakni mengungkap fungsi reseptor rasa pada serangga yang menularkan penyakit (misalnya, nyamuk) atau merusak tanaman (misalnya, kumbang dan kumbang penggerek).

Meskipun perbedaan evolusi antara nyamuk dan lalat, reseptor perasa nyamuk itu secara fungsional seperti neuron lalat yang tidak ada faktor nyamuk lainnya.

"Ini memberi kita dorongan untuk menyelidiki reseptor perasa dari serangga lainnya seperti nyamuk yang menularkan penyakit, serta hama yang memakan tanaman," kata Dahanukar. "Salah satu tujuan penting adalah untuk melihat apakah kita dapat menggunakan sistem ini untuk menemukan senyawa yang dapat memodifikasi perilaku makan serangga berbahaya dengan cara yang lebih tepat sasaran."







 










Sumber:
meleksains

Obat ini Diklaim Meredakan Rasa Cemburu

Cemburu, iri, marah atau kesal merupakan emosi negatif yang bisa dirasakan setiap orang. Namun ada beberapa orang yang lebih mudah tersulut emosi karena rasa cemburu atau iri, sehingga bisa bertindak destruktif terhadap orang lain maupun diri sendiri.

Kini masalah temperamen itu bisa diatasi hanya dengan satu hingga dua tetes obat herbal. Seorang dokter bersama timnya mengaku telah menemukan solusi untuk mengontrol emosi negatif, yaitu obat tetes mulut yang diklaim bisa menghilangkan rasa iri dan cemburu.



Obat seharga Rp 131 ribu itu dinamakan Bach Original Flower Remedy. Bisa meredakan emosi negatif, sehingga Anda bisa lebih fokus memikirkan apa yang harus dilakukan nantinya daripada terjerat dalam rasa cemburu.

Produk ini menggunakan ekstrak bunga-bungaan yang punya khasiat memunculkan kembali sisi positif dalam diri sekaligus menyehatkan secara emosional. Kuncinya terdapat pada bahan utamanya, yaitu Holly. Tanaman sejenis bunga yang memiliki daun serta buah. Pada saat Natal, tanaman ini umum dijadikan sebagai hiasan berupa rangkaian bunga yang ditempatkan di depan pintu rumah.

Tanaman ini dipercaya ideal untuk orang yang merasakan kecemburuan akut dan mudah gugup, curiga, sakit hati dan iri berlebihan. Sang pembuatnya Dr Edward Bach mengatakan seperti dikutip dari Daily Mail, "Holly adalah obat untuk mengobati perasaan yang negatif dan agresif terhadap orang lain. Seperti benci, curiga dan iri."

Ia menambahkan, "Masalah utamanya adalah tidak adanya cinta, dan obat ini bekerja dengan cara mendorong sikap murah hati dan terbuka kepada orang lain."

Dr Edward juga mengatakan kalau Bach Original FLower Remedy ideal untuk orang yang mudah sekali merasakan emosi negatif tersebut. Disarankan mengonsumsi dua tetes obat herbal ini langsung ke lidah ketika emosi negatif sudah mulai muncul. Metode ini telah diujicoba di Bach Centre, Oxfordshire, Inggris.













Sumber:
wolipop

Split Apple Rock, Batu Besar Terbelah "Pedang Zeus"

Split Apple Rock adalah formasi geologi batuan di Tasman Bay lepas pantai utara South Island Selandia Baru. Batu, dari jenis granit ini, terlihat seperti apel yang terbelah dua. Batu yang menjadi daya tarik wisata yang populer ini terletak di Laut Tasman sekitar 50 meter di lepas pantai antara Kaiteriteri dan Marahau.


Celah yang menghasilkan dua 'sisi apel' ini adalah proses alam. Ahli geologi mengatakan bahwa batu ini telah terbelah sejak jaman es.

Saat itu beberapa air meresap ke dalam celah di batu dan saat jaman es memuncak, suhu yang yang sangat rendah membekukan air yang meresap di batu dan dengan demikian memperbesar volume air yang menyebabkan batu terbelah dua.


Ada juga beberapa mitos mengenai batu belah ini, salah satunya mengatakan bahwa batu itu terbelah, seperti apel, oleh pedang Zeus saat bertempur dengan Neptunus memperebutkan Dione. Zeus akhirnya memenangkan pertempuran dan memperoleh Dione. Namun bagaimana batu ini bisa berada di New Zealand tetap menjadi misteri.

Mitos satu lagi berasal dari suku setempat, Maori, yang mengatakan bahwa dahulu ada dua dewa yang berkelahi memperebutkan batu. Namun setelah lelah berperang, akhirnya dua dewa tersebut memutuskan untuk membagi dua batu itu dan mengakhiri perkelahian mereka.















Sumber :
versesofuniverse

Fort Drum, Keunikan Kapal Perang Beton di Teluk Manila

Di mulut Teluk Manila lepas pantai Filipina terletak sebuah struktur beton berbentuk kapal perang besar (statis) yang dibangun pada awal abad keduapuluh untuk membela Manila.

Dikenal sebagai Fort Drum, tetapi sering disebut sebagai "Kapal Perang Beton", karena struktur yang sangat terbentengi ini memang menyerupai kapal perang beton.


Fort Drum sebenarnya berdiri di sebuah pulau berbatu yang tandus disebut El Fraile yang diratakan oleh Angkatan Darat AS antara tahun 1909 dan 1914, dan dibangun sebuah benteng besar dengan beton bertulang lapis baja tebal, sepanjang 106 meter, dengan lebar 44 meter, dan tingginya 40 meter di atas air.

Pulau El Fraile sebelum di bangun Fort Drum


Ide mendirikan Fort Drum terwacanakan setelah Perang Spanyol-Amerika pada tahun 1898 ketika Dewan Fortifikasi Amerika memutuskan bahwa Amerika Serikat haruslah membentengi wilayahnya diluar negeri, terutama pelabuhan.

Salah satu wilayah utama yang Dewan Fortifikasi putuskan untuk dibangun sebuah benteng adalah Manila Bay di Filipina. Awalnya, benteng ini menjadi pusat kontrol untuk jaringan ranjau di Teluk Manila.

Namun, karena pertahanan yang tidak memadai di daerah tersebut, maka dibuatlah sebuah benteng lepas pantai dengan meratakan pulau.


Diatas benteng terdapat sepasang turret (menara meriam) lapis baja, yang tiap turret terpasang dua meriam 14 inch. Sorot (lampu) anti-pesawat dan sebuah menara pengarah tembakan juga dipasang di permukaan atasnya. Dinding-dinding benteng ini tebalnya 7,5 - 11 meter, yang melindungi ruang amunisi dan senjata, ruang mesin, dan tempat tinggal bagi 200 orang garnisun.







Fort Drum tahun 1937


Setelah pecahnya perang di Pasifik pada tanggal 7 Desember 1941, Fort Drum sanggup bertahan dari bombardir Jepang, baik dari udara maupun dari darat. Fort Drum menyerah kepada pasukan Jepang setelah jatuhnya Corregidor Island pada tanggal 6 Mei 1942 dan kemudian diduduki oleh pasukan Jepang.

Dalam upaya untuk merebut kembali Manila, Fort Drum diserang oleh pasukan AS pada bulan April 1945. Setelah dibombardir dari udara dan dan dari laut, tentara AS berhasil naik ke dek benteng, dan mengepung garnisun jepang yang berada di dalam Fort Drum.

Namun, bukannya mencoba untuk masuk dan menyerang atau menangkap garnisun jepang yang berada di dalam, pasukan amerika memompa bahan bakar ke ventilasi udara dan kemudian menyulutnya.

Tentara-tentara Jepang yang berada di dalam benteng benar-benar dibakar hidup-hidup, dan benteng terbakar selama beberapa hari. Ketika tentara Amerika bisa masuk benteng setelah benteng cukup dingin, mereka menemukan 65 mayat yang hangus.

Dengan ditaklukannya benteng-benteng di teluk, termasuk Fort Drum, maka berakhirlah perlawanan Jepang di daerah Teluk Manila. Bekas Benteng Fort Drum, termasuk turret dan meriam-meriam 14inch , masih berdiri di mulut Teluk Manila hingga saat ini.





















Sumber :
versesofuniverse
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Blogger Templates