Social Icons

Pages


Senin, 27 Januari 2014

Wah, Cacing ini Tumbuh Hingga 2 Meter

Pernahkah Anda melihat cacing tanah? Ukurannya yang kecil saja sudah membuat kita jijik, kini malah ditemukan cacing tanah raksasa, yang diklaim terbesar di dunia, karena memiliki panjang 2 meter.


Spesies tersebut dinamai Giant Gippsland yang ditemukan di Gippsland, Australia. Meski ukurannya besar namun cacing ini sulit untuk ditemukan karena lebih banyak hidup di dalam tanah. Biasanya mereka muncul di permukaan ketika hujan deras atau ditemukan di longsoran tanah.

Giant Gippsland memiliki struktur tubuh yang lembut sehingga sedikit tekanan dapat membunuhnya. Telur Giant Gippsland sendiri berukuran cukup besar dan butuh waktu setahun untuk menetas. Ketika menetas, cacingnya sudah seukuran 15 cm dan akan mencapai ukuran maksimal 5 tahun kemudian. Meski belum diketahui pasti namun cacing ini kemungkinan memiliki masa hidup selama 20 tahun.


Saat ini keberadaan Giant Gippsland semakin langka karena berkurangnya habitat dan rendahnya kecepatan reproduksi, sehingga Badan Konservasi Internasional memasukkan hewan tersebut ke dalam daftar hewan yang wajib dilindungi.


Sumber:
jadiberita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Blogger Templates